Malang, 08/11/2023 Departemen Sosiologi Universitas Negeri Malang telah melakukan kegiatan International Colloquium yang bekerjasama dengan Universiti Malaysia Sabah. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan memperkuat kerjasama antara Universitas Negeri Malang dengan Universiti Malaysia Sabah terutama dalam bidang keilmuan Sosial Humaniora. International Colloquium diisi oleh beberapa pemateri perwakilan dari Departemen Sosiologi Universitas Negeri Malang dan Universitas Malaysia Sabah. Adapun tema yang diangkat pada International Colloquium kali ini yaitu “Empowering Communities Through SDGs”.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan acara oleh Master of Ceremony yaitu Saudari Lutfia Cempaka. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh Saudari Emilia Putri Purnama. Setelah itu, acara disambung dengan penyampaian sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Dekan dari Universiti Malaysia Sabah, Prof. Madya Dr. Asmady Idris. Kemudian sambutan kedua sekaligus yang membuka acara disampaikan oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang yaitu Dr. Ari Sapto, M.Hum. Lalu acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh saudara Rifky. Sebelum memasuki acara inti, dilakukan kegiatan penyerahan cenderamata oleh Universitas Negeri Malang dan Universiti Malaysia Sabah.

Acara inti International Colloquium dikemas dengan kegiatan penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Saat pelaksanaan kegiatan inti acara diambil alih oleh moderator yaitu saudara Angger Bagos Fiermansyah. Penyampaian materi yang pertama disampaikan oleh Dr. Ari Sapto, M.Hum dengan membawakan materi terkait “Sebha Sebagai Upaya Pelestarian Kekuasaan Pada Masa Kekuasaan”. Setelah sesi penyampaian materi yang pertama selesai, langsung dilanjutkan penyampaian materi kedua oleh Prof. Madya Dr. Asmady Idris. Dimana Prof. Madya Dr. Asmady Idris memberikan materi terkait Socio Constructivism. Setelah sesi penyampaian materi pertama dan kedua selesai, maka acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi ketiga dan keempat. Materi ketiga disampaikan oleh salah satu dosen Departemen Sosiologi, Universitas Negeri Malang yaitu Dr. Waskito, S.Sos., M.Hum. Pada kesempataan saat itu, Dr. Waskito, S.Sos., M.Hum berbagi wawasan dan pengetahuan terkait kontestasi dalam memperebutkan sumber daya dengan judul “Behind Water Conflict In Indonesia After Decentralization Era: Contestation of Power Relations Among Community, Corporation, And Regional Government”. Pada saat sesi penyampaian materi ketiga dilaksanakan terdapat kendala tiba-tiba mati listrik sehingga sedikit mengganggu jalannya acara. Namun, saat itu pemateri tetap semangat untuk berbagai wawasan dan pengetahuan. Selang waktu sekitar 15 menit listrik kembali hidup dan acara bisa berjalan lancar seperti sebelumnya

Setelah Dr. Waskito, S.Sos., M.Hum selesai menyampaikan materi, maka acara dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi keempat yang dibawakan oleh Prof. Dr. Dzurizah Ibrahim. Prof. Dr. Dzurizah Ibrahim membawakan materi dengan judul “Suara Kehidupan Selepas Bersara: Makna Kualiti Hidup dan Hikmah Disebaliknya”. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Para peserta saat itu sangat antusias bertanya baik kepada Dr. Waskito, S.Sos., M.Hum maupun kepada Prof. Dr. Dzurizah Ibrahim. Setelah sesi penyampaian materi dan tanya jawab selesai, moderator kemudian pamit undur diri dan mengembalikan acara kepada Master of Ceremony dan acara International Colloquium ditutup oleh MC.

Need Help? Chat with us