Malang, 02/10/2023 – Telah dilaksanakan kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan 2023. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Sosiologi angkatan 2023, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang pada hari Senin. Seminar ini diadakan di Aula Ki Hajar Dewantara lantai 7, Fakultas Ilmu Sosial. Dengan dihadiri oleh 100 lebih peserta, kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan diselanggarakan dengan tujuan untuk menanamkan rasa kebhinekaan kepada para mahasiswa Pendidikan Sosiologi.

     Acara di mulai dengan pembukaan yang dilakukan oleh Ramadhana Rizki selaku Master of Ceremony yang akan memimpin jalannya kegitan. Setelah acara pembukaan dilaksanakan, sebagai bentuk rasa nasionalisme maka selanjutnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah semua peserta kegiatan duduk kembali, acara berikutnya adalah pembacaan doa yang langsung di pimpin oleh Master of Ceremony. Berlanjut ke acara berikutnya yakni sambutan sekaligus yang membuka acara Seminar Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Bapak Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. selaku ketua Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

     Acara selanjutnya adalah acara inti dari kegiatan seminar yakni penyampaian materi. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. dengan materi berjudul “Dunia yang Berwarna” yang mengangkat topik tentang Kebhinekaan Global. Selain penyampaian materi oleh Bapak Nur Hadi, acara juga diselingi dengan kegiatan tanya jawab kepada para peserta. Materi yang di sampaikan oleh Bapak Nur Hadi akan sangat bermanfaat bagi para peserta karena penjelasan dari beliau memberikan banyak sekali informasi terkait kebhinekaan global.

     Materi kedua mengenai “Negeri Penuh Harmoni” dengan mengangkat topik tentang Kebhinekaan Global disampaikan oleh Bapak Deny Wahyu Apriadi S.Ant,. M.A. Seperti pada sesi pertama, materi diselingi oleh kegiatan tanya jawab. Kegiatan kali ini para mahasiswa terlihat aktif dalam memberikan pertanyaan. Bapak Deny juga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilayangkan dengan jawaban yang dapat dimengerti oleh peserta. Sesi terakhir dari pemateri, di sampailan oleh Bapak Alan Sigit Fibrianto, S.Pd, M.Sos mengenai “Kampusku yang Bhineka” yang mengangkat topik tentang Keberagaman di Kampus. Pada sesi ketiga kali ini, para peserta mulai dibangkitkan semangatnya oleh Bapak Alan Sigit dengan permainan permainan seru yang dapat mengasah pengetahuan mereka. Sesi pemateri terakhir juga diselengi dengan sesi tanya jawab yang diikuti secara antusias dari para peserta.

     Rangkaian acara inti sudah diselenggarakan dengan penuh semangat oleh para peserta. Setelah penyampaian dari ketiga pemateri, acara memasuki pada kegiatan akhir yakni penutupan yang dipandu oleh MC Ramadhana. Selesai sudah kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan pada kali ini. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini di harapkan mahasiswa Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang diharapkan mampu mendapatkan pengetahuan mengenai kebhinekaan yang dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa juga diharapkan mampu mempertahankan rasa kebhinekaan agar tidak hilang tergerus oleh zaman.

Need Help? Chat with us