“Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. Nanda Harda Pratama Meiji, S.Sos., M.A Elya Kurniawati, S.T.P., S.E., M.M. dan Peneliti asing”

Pada 24 Juli hingga 28 Juli 2023, tim penelitian yang diketuai oleh Nanda Harda P.M. melakukan riset lapangan ke wilayah Situbondo dan Banyuwangi untuk mensinergikan hasil data di lapangan. Hadir pula collaborato researcher dari Uni KL Malaysia, Dr. Sharina Osman yang turut andil dalam proses penggalian data di lapangan dan juga analisa data terkait hasil ekowisata pada dua lokasi tersebut. Penelitian yang didanai oleh dana internal UM tersebut menyasar pada konteks ekowisata utamanya di 2 wilayah besar sekitar taman nasional Baluran dan Alas Purwo.

“Drs. H. Nur Hadi, M.Pd., M.Si. Nanda Harda Pratama Meiji, S.Sos., M.A Elya Kurniawati, S.T.P., S.E., M.M. Luhung Achmad Perguna, S.Sos., M.A. Desy Santi Rozakiyah S.Pd.M.Pd dan Peneliti asing”

Penelitian tersebut dilakukan secara bertahap dimulai dengan observasi dan penggalian data yang dilakukan oleh beberapa asisten peneliti dan kemudian dilanjutkan dengan proses penggalian data oleh tim peneliti utama. Hasilnya kajian ekowisata yang dikembangkan oleh kedua wilayah di sekitar taman nasional Baluran dan Alas Purwo memiliki perbedaan dalam pengelolaan. Masyarakat juga turut terlibat aktif dalam proses pelestarian lingkungan dan wisata berbasis ekologi yang berkelanjutan. Nantinya hasil penelitian yang dilakukan tersebut direncanakan akan memiliki luaran artikel jurnal intrrnasional bereputasi yang diharapkan dapat memberikan perspektif luar dan mendalam terkait prospek ekowisata di sekitar taman nasional.

Need Help? Chat with us