Pada hari Selasa, 27 September 2022, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kegiatan Guest Lecture dengan tema “Freedom of Speech and Democracy in The Age of Social Media”. Guest Lecture merupakan salah satu rangkaian acara kedatangan Adjunct professor. Adapun Pemateri dalam kegiatan Guest Lecture ini adalah Dr. Azmil Tayeb selaku Adjunct Professor of Sociology Department dari Universiti Sains Malaysia. Kegiatan ini dilaksakan pukul 08.00 – 12.00 WIB yang berlangsung secara tatap muka dan bertempat di Aula Ki Hadjar Dewantara, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Sementara, Peserta dalam kegiatan ini merupakan mahasiswa Departemen Sosiologi angkatan 2020, 2021, 2022 beserta dosen-dosen Departemen Sosiologi.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan Guest Lecture ini adalah untuk memberikan insight baru kepada mahasiswa Departemen Sosiologi terkait kebebasan berpendapat dan demokrasi pada era media sosial. Mengingat saat ini perkembangan teknologi sangat masif dan memudahkan individu untuk mengetahui segala informasi dari manapun hanya dengan berselancar melalui media sosial tanpa membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, kegiatan Guest Lecture yang telah berlangsung diharapkan juga dapat menjadi bekal bagi mahasiswa agar dapat menyalurkan aspirasi atau suaranya dengan bijak.

Kegiatan Guest Lecture ini dilaksanakan dengan dua rangkaian acara inti yaitu sesi penyampian materi dan sesi tanya jawab. Pemaparan materi dalam kegiatan Guest Lecture ini berlangsung selama kurang lebih satu jam. Adapun poin-poin yang disampaikan oleh Dr. Azmil Tayeb yaitu terkait kebebasan berpendapat dan demokrasi dalam masa masifnya penggunaan media sosial saat ini. Selain itu, Dr. Azmil tayeb juga menjelaskan bagaiamana caranya menggunakan hak suara kita secara bijak dalam bermedia sosial. Setelah pemaparan materi oleh narasumber berakhir, sesi selanjutnya adalah diskusi antara narasumber dengan peserta. Seluruh peserta dapat menanyakan tentang apapun yang terkait dengan materi dan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab secara mendetail oleh narasumber. Pada kesempatan tersebut, terlihat bahwa para mahasiswa dan dosen sangat antusias untuk melakukan diskusi dengan narasumber. Hal tersebut menunjukkan bahwa materi yang diberikan oleh narasumber cukup memotivasi para peserta.

Need Help? Chat with us