Program Pengembangan

PROGRAM PENGEMBANGAN

  • PENDIDIKAN

Pengembangan di bidang pendidikan dilakukan untuk meningkatkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Upaya tersebut terintegrasi dengan kurikulum dan pengembangan kompetensi dosen agar mahasiswa dapat memperoleh kebaharuan ilmu pengetahuan serta pembelajaran inovatif, kreatif, dan inspiratif. Adapun program pengembangan yang disusun dalam bidang pendidikan sebagai berikut:

  1. Diskusi rutin yang sesuai dengan keahlian/minat/research cluster/KBK.
  2. Kuliah pakar.
  3. Pelatihan/workshop bagi mahasiswa dan dosen.
  4. Pelatihan mikro teaching secara rutin.
  5. Pengadaan buku dan jurnal.
  6. Membuat web laboratorium sosiologi.
  7. Pengarsipan dan publikasi karya dalam bentuk e-book.
  8. Memproduksi media pembelajaran untuk dipasarkan/digunakan pada user seperti guru/tentor/sekolah.
  • PENELITIAN

Program di bidang pendidikan diselenggarakan untuk mewadahi kegiatan penelitian dan pengembangan pengetahuan untuk menghasilkan karya akademik unggul serta menjadi rujukan dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Adapun indikator utama keberhasilan program bidang penelitian yaitu menghasilkan karya penelitian, publikasi, dan keikutsertaan dalam forum-forum ilmiah.

  1. Pembuatan pedoman melakukan dan melaporkan penelitian.
  2. Penelitian kolaboratif antarsesama dosen.
  3. Penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa.
  4. Up date informasi kesempatan penelitan dan publikasi dalam forum ilmiah melalui web laboratorium.
  • PENGABDIAN

Bidang ini diperuntukan untuk memberikan motivasi dan dorongan kepada tenaga pengajar (dosen) beserta mahasiswa baik secara individu ataupun kelompok untuk mengadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Hal tersebut tentu saja mendorong tercapainya Misi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat melalui penerapan ilmu kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dalam bidang ilmu sosial. Selain itu, bidang ini tentunya diharapkan mampu mendorong tercapainya misi program studi sosiologi untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian guna mengatasi masalah-masalah sosial budaya dan menunjang pembangunan jati diri dan rujukan pembinaan karakter bangsa Indonesia.

Adapun program pengabdian kepada masyarakat jurusan sosiologi antara lain: (1) memfasilitasi sarana dan prasarana bagi dosen yang melaksanakan program pengabdian, menyelenggarakan seminar, workshop, diskusi, dialog, lokakarya,sarasehan, penyuluhan kepada guru-guru, olimpiade sosiologi siswa, menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga sosial dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), (2) mengembangkan program pemberdayaan masyarakat baik oleh dosen maupun mahasiswa.

  • JEJARING

Pada dasaranya, pengembangan bidang kerjasama Laboratorium Sosiologi  merupakan upaya mewujudkan arah pengembangan UM sebagai The Learning University, terutama peningkatan kerjasama UM dengan berbagai pihak, baik dari dalam maupun dari luar negeri.