MASA DEPAN PEKERJA ANAK: STUDI TENTANG TINDAKAN RASIONAL BAGI PEKERJA ANAK DI KELURAHAN BOTORAN KECAMATAN KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

Oleh: Akil Fitra Sholahudin, Mei Rita Kumalasari (Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang)

Abstrak: Penelitian ini mengungkap fenomena pekerja anak yang banyak terjadi di berbagai daerah di Indonesia salah satunya kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menunjukkan bahwa masalah anak yang bekerja tidak selalu terkait dengan faktor ekonomi semata. Faktor lain yang mempengaruhi adalah faktor struktural maupun kultural. Pengetahuan terhadap makna bekerja bagian anak serta orang tua yang memperbolehkan anaknya menjadi pekerja menjadi persoalan lain yang menarik. Anak-anak akan lebih cepat matang sebelum menginjak masanya. Pada saat yang sama, perusahaan yang mempekerjakan anak menganggap anak sebagai tenaga kerja yang produktif karena memiliki kemampuan fisik yang tinggi berbiaya murah. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis, berfokus pada tindakan sosial pekerja anak. Verstehen dalam dunia anak digunakan dengan wawancara secara mendalam. Penggunaan metode observasi partisipan juga digunakan untuk menggali lebih dalam dengan menjadi bagian dari dunia anak dalam bekerja. Penelitian ini mengungkap tipologi tindakan sosial anak secara interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pekerja anak di kabupaten Tulungagung meningkat setiap tahun.Tindakan rasional yang digunakan oleh pekerja anak adalah dengan motivasi mendapat upah lebih yang digunakan untuk keuangan pribadi dan membantu keluarga.

Kata Kunci : Pekerja anak, Tindakan sosial, Verstehen

(Karya ini telah dipresentasikan pada Seminar Nasional “Perempuan dan Perlindungan Anak” di Universitas Negeri Surabaya, 23 April 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*