Studi Banding Ke Tiga Universitas Untuk Pengembangan Jurusan

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan kelembagaan, Para dosen Jurusan Sosiologi melakukan studi banding ke Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada 31 Juli- 2 Agustus 2017. TIMG_0497ujuan pertama studi banding adalah Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia untuk mempelajari pengelolaan jurnal, Pengelolaan Laboratorium Sosiologi dan Self Assessment Report: Asean University Networking- Quality Assessment (SAR AUN-QA). Dipilihnya UI sebagai tujuan studi banding karena sudah terbukti memiliki kapabilitas dalam pengelolaan jurnal dan Laboratorium sosiologi. Departemen Sosiologi UI memiliki Jurnal Masyarakat yang terakreditasi nasional dan aktif mempublikasikan artikel-artikel hasil riset maupun kajian teoretis. Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Malang ingin mengikuti prestasi Departemen Sosiologi UI di tiga aspek tersebut untuk meningkatkan akreditasi jurusan dan mendapatkan sertifikat SAR AUN-QUA.

Studi banding berikutnya dilakukan di UPI (1//8) untuk mempelajari pengembangan Program Studi dan Kurikulum, pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran serta pengelolaan Jurnal. Rombongan dosen diterima di ruang rapat dan disambut dengan hangat. Acara kunjungan dimulai dengan observasi di laboratorium sosiologi dan dilanjutkan dengan IMG_0501sesi tanya jawab terkait tiga hal di atas. Harapannya dari kunjungan tersebut jurusan Sosiologi UM mampu mengembangkan kurikulum dan pembelajaran dalam rangka meningkatkan output pendidikan. Selain itu, jurusan sosiologi mampu menyelenggarakan kegiatan seminar bertaraf internasional.

Rombongan dosen Sosiologi berikutnya bertolak ke Jurusan Sosiologi-Antropologi Universitas Negeri Semarang (2/IMG_06008/17). Dalam kesempatan ini, para dosen ingin belajar pengembangan program studi dan kurikulum, pengembangan bahan ajar dan media pembelajaran dan pengelolaan jurnal.  Para dosen dari UM dan UNNES tanya jawab dan berdiskusi untuk mendalami kekurangan dan kelebihan masing-masing lembaga. Acara dilanjutkan dengan observasi ke ruang-ruang pembelajaran dan laboratorium. Studi banding di masing-masing universitas di akhiri dengan serah terima kenang-kenangan untuk meneguhkan kerjasama secara simbolis antar lembaga.  Dari kunjungan studi banding di tiga Universitas tersebut diharapatkan dapat menjalin kerjasama berkelanjutan dengan jurusan Sosiologi UM dalam pengembangan SDM dan Kelembagaan demi meningkatkan mutu pelayanan, pembelajaran dan pengembangan mahasiswa. (AA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*