Asesor BAN-PT Lakukan Visitasi ke Prodi

Dua Asesor Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi melakukan visitasi akreditasi Prodi Pendidikan Sosiologi (13-15/11). Mereka adalah Dr. Linda Damarjanti dari Universitas Indonesia dan Dr. Nunung Nurwanti dari Universitas Padjajaran. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Prof.Dr. Sumarmi didampingi seluruh wakil dekan, ketua jurusan sosiologi, sekretaris jurusan sosiologi, para dosen jurusan sosiologi beserta perwakilan mahasiswa bertempat di lobi Gedung I.1 Fakultas Ilmu Sosial.  Selanjutnya dilakukan pertemuan antara asesor, dekanat dan prodi di Ruang Sidang FIS. Dalam sambutannya Dekan mengharap asesor dapat memberi masukan dan saran dalam pengembangan prodi sosiologi yang merupakan satu-satunya se Jawa Timur. Sedang Asesor dalam prakatanya menyebut kunjungan visitasi tidak untuk ditakuti tetapi lebih kepada bentuk sharing dalam pengembangan prodi ke depan dan cek ricek borang akreditasi yang telah dikirim pada September 2016.

IMG_6174

Asesor nampak bertanya dengan tim borang akreditasi

Selanjutnya, pada pertemuan dengan tim borang prodi, asesor BAN-PT melakukan sejumlah klarifikasi dan pendalaman terkait borang akreditasi. Dari 7 standar dalam borang akreditasi, asesor menyoroti beberapa standar. Standar 1 dilakukan pendalaman tentang visi, misi, dan strategi pencapaian termasuk implementasi pada kurikulum. Standar 2 terkait tata pamong. Standar 3 terkait kegiatan mahasiswa yang dianggapnya sudah sangat baik dan perlu terus ditingkatkan meski belum memiliki lulusan. Standar 4 mengenai sumberdaya manusia terutama dosen. Standar 5 terkait kurikulum dan peninjauan kurikulum yang hendaknya dilakukan dalam kurun 4 tahunan sekal. Standar 6 tentang sarana dan pra sarana yang nyaris tak ada cacat. Standar 7 terkait penelitian yang selama ini dilakukan dosen, yang melibatkan mahasiswa dan perolehan paten atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dalam 3 tahun terakhir.

IMG_6190

Asesor mengamati standar 7 didampingi dosen sosiologi

Selain berdiskusi dengan tim borang akreditasi, tim asesor juga bertemu dan berdiskusi dengan dosen, mahasiswa, dan calon pengguna alumni prodi. Calon pengguna alumni dihadiri oleh Kepala SMA Laboratorium UM dan perwakilan dari P4TK. Kegiatan visitasi dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas terutama laboratorium sosiologi. Visitasi akreditasi ditutup dengan penandatanganan berita acara visitasi oleh tim asesor BAN-PT dan Ketua Jurusan Sosiologi (lap).

IMG_6194

Berbincang dengan mahasiswa

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*