Direktorat Jenderal Kebudayaan undang Jurusan

Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengundang Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang untuk terlibat dalam Pameran Budaya Tak Benda Indonesia dengan tema “Jalur Rempah sebagai Simpul Budaya Bahari” yang merupakan bagian dari kegiatan terpadu Pekan Budaya Indonesia (PBI)2016 yang dipusatkan di Malang pada 1 – 5 September 2016.  PBI terdiri dari ragam kegiatan kebudayaan antara lain permainan tradisional, pertunjukkan kesenian, wayang, talkshow atau gelar wicara, lomba sejarah, lokakarya, sarasehan, pameran, dan pertunjukkan musik. Dari ragam kegiatan PBI, jurusan sosiologi diminta untuk terlibat dalam kegiatan talIMG_20160831_093440kshow budaya yang dihelat oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan dengan menunjuk mahasiswa dan dosen untuk berpartisipasi didalamnya. Talkshow yang diselenggarakan pada Sabtu, 3 September dan pada Senin, 5 September 2016 rencananya dihelat di Taman Krida Budaya Malang.

Selain terlibat dalam kegiatan talkshow, salah satu dosen jurusan sosiologi Dr.Abdul Latif Bustami diundang untuk menjadi narasumber bersama anggota Komisi X DPR RI Ir.Ridwan Hisjam pada Sarasehan Daerah Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dengan tema Peran Sumber Daya Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan YME dalam memperkuat Kebhinekaan. Sarasehan ini digelar oleh Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud sebagai bagian dari acara PBI 2016 yang digelar di hotel Atria Malang.

Pentingnya mengenalkan ragam budaya Indonesia kepada masyarakat luas dinilai menjadi salah satu upaya pelestarian khazanah budaya yang kita miliki. Budaya bukan lagi sebagai pelengkap atau tradisi yang sudah ada sejak dulu, melainkan sebuah peradaban di mana budaya menjadi pilar yang menyusun jati diri manusianya. Dengan mengetahui, mempelajari, dan melestarikan khazanah budaya yang dimiliki, dapat mendorong tumbuhnya rasa kebangsaan, tenggang rasa, dan sikap saling menghargai antaranak bangsa.

   IMG_20160831_103644

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*