Olimpiade Sosiologi se-Jatim digelar Jurusan bareng HMJ

Malang-Fakultas Ilmu Sosial UDSC_1698niversitas Negeri Malang (FIS UM) menyelenggarakan Olimpiade dan Workshop bagi guru-guru Sosiologi se-Jawa Timur dengan tema “Transformasi Pembelajaran dan Transformasi Pendidikan dalam Masyarakat Kontemporer Menyongsong MEA”.  Kegiatan ini merupakan kegiatan kali kedua yang dilakukan sebagai jawaban atas keinginan stakeholder untuk terus menyelenggarakan olimpiade dan workshop.

Dalam workshop yang berlangsung di Aula Perpustakaan UM (25/6)) ini menghadirkan dua pemateri utama yaitu Kepala PPPPTK (Pusat Pemberdayaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) PKN & IPS Malang Drs. M. Muhadjir, MA dan Ulfatun Nafiah, M.Pd (Pakar Pendidikan bidang Inovasi Media Universitas Negeri Malang). Muhadjir begitu sapaan akrabnya menyampaikan materi tentang peran Ilmu Sosial dan Humaniora dalam menyambut MEA serta aspek kebahasaan (bahasa Indonesia) yang berkaitan dengan relasi kuasa dan pengetahuan. Ulfah lebih menyampaikan materi pembelajaran Sosiologi menggunakan teknologi informasi (video scribe dan prezi) bagi guru-guru SMA se-Jawa Timur. Workshop ini diikuti oleh 50 guru mata pelajaran Sosiologi dari berbagi SMA di Jawa Timur.

“Kegiatan Workshop dan olimpiade ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sosiologi FIS UM dengan dukungan jurusan dan fakultas untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berorganisasi dan memperkenalkan jurusan sosiologi FIS UM pada publik dan sekolah-sekolah di Jawa Timur bahwa prodi Pendidikan Sosiologi sudah ada di Universitas Negeri Malang”, ungkap Drs. Irawan, M.Hum Ketua Jurusan Sosiologi FIS UM.

“Usia prodi ini baru dua tahun, tahun pertama kami mengadakan olimpiade dan sekarang ini adalah olimpiade untuk tahun yang kedua. Pada olimpiade saat ini juga diselenggarakan workshop bagi para guru yang siswanya mengikuti olimpiade. Dengan mengikuti workshop ini Bapak Ibu guru juga mendapat manfaat lebih banyak dari sekedar mengantar siswa,” pungkas Irawan.

Anggaunitakiranantika, S.Sos, M.Sosio sebagai Pembina HMJ kegiatan ini menyampaikan bahwa olimpiade dan workshop ini sudah menjadi program kerja tahunan dari HMJ Sosiologi FIS UM. Beliau menambahkan “Jurusan Sosiologi UM memperkenalkan diri kepada para siswa dan sekolah-sekolah di Jawa Timur di UM mempunyai jurusan Pendidikan Sosiologi. Kedua untuk lebih membangkitkan minat terhadap mata pelajaran Sosiologi sekaligus menggugah kreDSC_1025ativitas siswa SMA agar bisa mempunyai prestasi lebih di dalam bidang Sosiologi.

Olimpiade Sosiologi dilaksanakan di gedung FIS UM dan diikuti oleh 120 peserta. Setiap peserta melewati seleksi dalam tiga tahap, tahap pertama para peserta mengerjakan soal tes olimpiade sebanyak 100 soal dalam waktu 2 jam, tahap ke dua para peserta diwajibkan menyelesaikan studi kasus dalam waktu 1 jam, dan pada tahap akhir atau tahap ketiga merupakan tes debat. Juara olimpiade tahun ini direbut oleh SMAK St Albertus (Dempo) Malang sebagai juara pertama, juara dua diraih oleh SMAN 1 Pandaan Pasuruan dan juara tiga adalah SMAN 2 Jombang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*