Berita Webinar Kebangsaan 2021.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Malang (UM), mengadakan kegiatan Webinar Kebangsaan dengan tema “Peningkatan Kesadaran Nasionalisme Pemuda di Tengah Pandemi”. Ada beberapa pemateri yang di undang dan menjadi narasumber dalam kegiatan Webinar ini yaitu, antara lain, Bapak Prof. Dr. Haryono M.Pd selaku Wakil Ketua BPIP dan Bapak Andhika Yudha Pratama, S.Pd, M.Sc selaku Dosen di Jurusan HKN, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan Webinar ini di moderatori oleh Azka Ahsani yang merupakan salah satu anggota HMJ Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini digelar pada hari Sabtu, tanggal 30 Oktober 2021, pada pukul 07.30-11.35 WIB yang berlangsung secara online melalui Zoom Meeting.

Wawasan kebangsaan merupakan suatu cara pandang terhadap diri dan lingkunganya yang mencakup persatuan dan kesatuan, berbangsa, serta bernegara. Terutama, NKRI merupakan suatu bangsa yang kaya akan keberagaman suku bangsa, ras, agama, dan kebudayaan. Oleh karena itu, keberagaman ini harus diimbangi dengan wawasan kebangsaan yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika agar tidak menimbulkan konflik antar entitas yang berbeda. Moerdiono berpendapat bahwa negara kebangsaan merupakan komunitas politik yang dirancang, dibangun, dioperasikan, berdasar wawasan kebangsaan bukannya kesatuan yang tumbuh secara alamiah (Bintoro, 1966)

Pada era pandemi seperti sekarang ini, komunikasi dan kegiatan lain dilakukan secara online dan tidak semaksimal sebelumnya. Konstruksi wawasan kebangsaan dengan menanamkan sikap nasionalisme menjadi perhatian utama, terutama kepada para pemuda yang dianggap sebagai agent of change karena setiap negara dalam eksistensinya selalu membutuhkan dan menginginkan masyarakat yang baik dan pintar (smart and good citizens) (Budimansyah, 2010). Jiwa kebangsaan (nasionalisme) yang tinggi sangat diperlukan agar warga negara dapat bertindak positif dan terbaik untuk negaranya (Amrah, 2016). Oleh karena itu, dalam upaya merevitalisasi dan pengoptimalan nasionalisme diperlukan cara selain pendidikan formal saja.

Tujuan dari kegiatan yaitu memberi gambaran mengenai pentingnya nasionalisme bagi perlindungan dan perwujudan cita-cita bangsa dan menumbuhkan kepekaan dan rasa nasionalisme berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Need Help? Chat with us